9.1.11

4 Tips Bekerja Efektif

http://www.mattwardman.com
 Jika Anda ingin pekerjaan Anda dilakukan dengan efektif tanpa sedikit pun waktu dan tenaga yang terbuang, cara berikut layak dicoba:

1. Catat
Miliki catatan. Orang yang paling tajam ingatannya pun membuat catatan. Di akhir atau di awal hari, kita dapat merencanakan apa yang akan kita lakukan esok, atau di hari itu. Buat catatan dalam buku kecil yang masuk ke dalam saku dan dapat dibawa ke mana-mana. Hindari membuat catatan dalam kertas-kertas lepas yang kecil.

2. Atur prioritas.
Setelah Anda mencatat pekerjaan apa yang harus Anda lakukan, jangan lupa untuk mengurutkan prioritas pekerjaan mana yang paling penting dan paling mudah dilakukan. Mendahulukan pekerjaan yang mudah akan mengurangi tumpukan pekerjaan Anda. Dengan demikian, Anda akan lebih berkonsentrasi mengerjakan pekerjaan yang lebih sulit tingkat kesulitannya.

3. Atur Target
Setiap jenis pekerjaan membutuhkan waktu yang berbeda untuk menyelesaikannya, bergantung kepada tingkat kesulitannya. Tentukan target setiap pekerjaan yang telah Anda prioritaskan. Bila perlu set alarm/ stopwatch. Tetapi ingat, jangan sampai target ini membuat Anda tergesa dan menurunkan kualitas pekerjaan Anda. Karena itu, jangan terlalu ketat membuat target, tetapi jangan juga terlalu santai.

4. Evaluasi
Lihat kembali catatan Anda. Apakah pekerjaan yang telah Anda jadwalkan untuk diselesaikan telah berhasil? Lihat kembali sejauh mana tingkat keberhasilan pekerjaan tersebut. Hal ini baik dilakukan untuk membuat perbaikan dalam pekerjaan Anda di masa mendatang.

Semoga bermanfaat!

Salam!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar