21.2.11

7 Cara Fokus; Rahasia Sukses dalam Pekerjaan

Begitu banyak para ahli yang menyuruh kita untuk fokus. Fokus ada kunci sukses. Hanya dengan fokus, kamu akan mendapatkan hasil yang prima. Masalahnya, bagaimana caranya supaya kita fokus? Yang dimaksud fokus ialah mengerjakan satu hal, dalam satu waktu, dan satu pikiran. Jadi, boleh-boleh aja kamu kemaruk dikit, mau bisa mengerjakan semuanya. Tapi ingatlah untuk fokus menyelesaikan satu target dalam setiap bidang yang kamu kerjakan!
 
Memilih satu hal adalah mudah. Begitu juga memilih satu waktu adalah mudah. Yang sering menjadi hambatan ini menentukan satu pikiran. Inilah penghambat utama kita tidak fokus. Kabar buruknya, justru ini yang sering tidak disadari. Lalu apa kabar baiknya?

Kabar baiknya kamu sudah membaca artikel ini. Artinya, jika selama ini kamu tidak fokus, mungkin penyebabnya kamu tidak bisa memusatkan pikiran pada satu pekerjaan. Hal ini bisa terlihat saat kamu mengerjakan satu tindakan dalam satu waktu, tetapi hasilnya tidak sesuai dengan apa yang kamu harapkan. Hal ini terjadi karena pikiran tidak fokus. Mirip dengan komputer, saat kamu membuka program bersamaan, maka RAM komputer akan terbagi untuk menjalankan berbagai program, sehingga kinerja program komputer menjadi lambat, bahkan bisa nge-hang. Restart deh, waaa ... malah ngeblank lagi dwong!

Cara mengatasinya ialah kita harus bersedia secara sukarela untuk menutup program-program lainnya. Jangan biasakan membuka banyak jendela saat bekerja. Begitu juga dengan pekerjaan kita, kita harus secara sukarela menghapus pikiran-pikiran tentang pekerjaan yang tidak sedang kamu kerjakan. Hapuslah semua rencana, ide, gagasan, dan pertanyaan tentang pekerjaan lainnya. Setelah menghapusnya, Anda baru bisa fokus pada pekerjaan utama Anda saat ini. Jadi, kamu harus pandai menutup satu jendela, saat mengerjakan jendela lainnya. Multi talent is VERY GOOD. Tapi multi-tasking is'nt so good!

Lalu bagaimana cara menghapusnya?

7 Cara Menuju Fokus

Salah satu cara sederhana yang bisa Anda lakukan ialah dengan memindahkan apa yang ada dalam pikiran kamu ke dalam kertas atau komputer.
  1. Langkah pertama, identifikasikan pekerjaan apa saja yang harus kamu kerjakan. Tuliskan ke dalam sebuah kertas atau di dalam komputer.
  2. Langkah kedua, pilihlah pekerjaan yang “harus” dikerjakan sekarang. Kemudian tuliskan dalam sebuah daftar yang saya sebut “Focus Today”.
  3. Langkah ketiga, coret atau hapus pekerjaan lain yang tidak perlu dikerjakan. Semuanya harus! Betul, cobalah berpikir keras, adakah yang tidak diperlukan.
  4. Langkah keempat, berikan skala prioritas pekerjaan yang kamu pertahankan. Ingat, bahwa ini adalah daftar pekerjaan yang tidak harus dilakukan sekarang.
  5. Langkah kelima, buatlah catatan seperlunya tentang pekerjaan-pekerjaan yang tidak harus dilakukan sekarang. Inilah proses memindahkan apa yang ada di dalam kepala kamu ke dalam kertas.
  6. Langkah keenam, simpan catatan ini ke dalam kelompok “Next Action”, baik dalam folder/map fisik/ catatan maupun dalam folder komputer. Mintalah pikiran kamu, secara sadar untuk melupakan dulu daftar pekerjaan "'Next action".
  7. Langkah kedelapan, sekarang fokuslah pada pekerjaan yang harus dilakukan saat ini.
Selamat bekerja dengan fokus!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar